Home » kesehatan , mengobati amandel , menyembuhkan amandel » cara mengatasi amandel

cara mengatasi amandel

cara mengatasi amandel Alhamdulillah saat ini blog kamila dapat menulikan atau copaskan artikel tentang cara mengatasi amandel. Hal hal seputar cara mengatasi amandel ini lumayan penting untuk kita ketahui, terbukti di google banyak yang nyari dengan kata kunci cara mengatasi amandel. Sobat juga dapat membaca artikel lainnya di blog blog berkutik yaitu artikel sebelumnya atau artikel berikutnya. Selanjutnya silakan anda membaca artikel cara mengatasi amandel selengkapnya, Berikut ini adalah artikel selengkapnya seputar kesehatan , mengobati amandel , menyembuhkan amandel .


cara mengatasi amandel
Cara mengobati Amandel atau juga biasa disebut tonsil terdiri dari kumpulan jaringan limfoid yang terletak di kerongkongan di bagian belakang kedua ujung lipatan belakang mulut. Amandel atau tonsil membunyai fungsi mencegah agar infeksi tidak menyebar ke seluruh anggota badan atau tubuh kita. Adapun metodenya yaitu dengan cara menahan kuman memasuki tubuh melalui mulut, hidung, dan kerongkongan. akibatnya adalah terjadinya peradangan di bagian amandel. Terjadinya peradangan pada amandel ini sering disebut penyakit amandel oleh masyarakat kita. Perlu kita ketahui bahwa sebenarnya penyakit amandel ini disebabkan oleh bakteri Streptococcusbeta hemolyticus, Streptococcus pyogenes, Streptococcus virdians. Berikut ini adalah beberapa gejala atau tanda penyakit amandel.

Gejala penyakit Amandel
Bagi orang tua yang mempunyai anak anak pengidap penyakit amandel tentu sudah hafal dengan tanda tanda atau gejala amandel, karena cirinya cukup khas dan jelas.
  1. Terasa nyeri hebat di bagian tenggorokan atau kerongkongan
  2. Jika makan terasa sakit karena susah menelan makanan
  3. Tubuh demam tinggi, bahkan dapat mencapai 40 C
  4. Klinis penderita lemah
  5. tenggorokan terasa gatal dan nyeri
  6. Terasa nyeri di persendian
  7. nafsu makan turun drastis
  8. Terkadang terasa nyeri di bagian telinga
Pencegahan penyakit amandel dapat dihindar dan dicegah dengan cara banyak minum air putih, juice dari buah asli, serta susu terutama saat tubuh mulai demam. Jus hendaknya memang dari buah asli dan segar karena bagaimanapun juga kandungannya sangat berbeda. Sedangkan yang perlu dilakukan untuk menghindari terlalu sering minum es, gorengan, makanan yang diawetkan, serta makanan yang mengandung banyak penyedap rasa dan bahan aditive kimia. Selain itu, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung sumbner antioksidan ( beta karoten, vitamin C, serta vitamin E ) yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.
Tahapan awal mengobati amandel ini dapat dilakukan dengan memberi antibiotik golongan penisilin atau sulfonamide dalam range waktu 5 hari berturut - turut. Selain itu, jika demam cukup tinggi, perlu diberikan penurun panas, karena panas yang tinggi dapat menyebakan kejang atau step. Dapat juga memberikan obat kumur juga untuk mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan. Perlu dipertimbangkan untuk melakukan operasi amandel jika amandel sering kambuh, sebagai batasan adalah terjadinya amandel lebih dari 4 kali dalam setahun. Operasi amandel ini sering disebut sebagai operasi tonsilektomi.

Sobat blog kamila, demikian tadi adalah artikel yang telah kami berikan, saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan anda dan membaca artikel cara mengatasi amandel. Dan jangan lupa membaca artikel artikel yang lalu atau artikel yang akan datang . Anda dapat membaca artikel serupa artikel ini dengan keyword kesehatan , mengobati amandel , menyembuhkan amandel .