cara deteksi kanker leher rahim

cara deteksi kanker leher rahim Alhamdulillah saat ini blog kamila dapat menulikan atau copaskan artikel tentang cara deteksi kanker leher rahim. Hal hal seputar cara deteksi kanker leher rahim ini lumayan penting untuk kita ketahui, terbukti di google banyak yang nyari dengan kata kunci cara deteksi kanker leher rahim. Sobat juga dapat membaca artikel lainnya di blog blog berkutik yaitu artikel sebelumnya atau artikel berikutnya. Selanjutnya silakan anda membaca artikel cara deteksi kanker leher rahim selengkapnya, Berikut ini adalah artikel selengkapnya seputar cara deteksi kanker rahim , deteksi kanker leher rahim , kanker leher rahim .


cara deteksi kanker leher rahim
Kanker Leher Rahim. dapat disebabkan oleh faktor yang cukup komplek, sebgian mengatakan disebabkan karena banyak melahirkan. Seperti kita ketahui bahwa proses kehamilan, persalinan dan nifas, menyebabkan beberapa perubahan pada tubuh wanita, seperti perubahan hormon, perubahan sel-sel leher rahim dan kerusakan jalan lahir.
Perubahan ini diyakini penyebab sel-sel leher rahim kemasukkan virus HPV menjadi ganas. REsiko ini juga diterima jika anda mempunyai suami yang suka jajan, suami jajan berisiko membawa virus dan menularkan pada istrinya. Wanita yang sering ganti ganti pasangan juga beresiko terkena serangan kanker leher rahim.
Seperti kanker lainnya, Kanker leher rahim juga dikelompokkan menjadi beberapa tingkat atau stadium yakni prakanker, stadium I, stadium II, stadium III dan stadium IV. Gejala kanker belum ada pada stadium prakanker. Pada stadium ini, pasien merasa sehat, tidak ada keluhan  walupun sebenarnya pasien sudah membawa bibit kanker. Baru pada stadium I-IV, kanker leher rahim sudah menuunjukkan adanya gejala yang lain yaitu adanya pendarahan setelah bersenggama, pendarahan diluar haid atau adanya keputihan di luar kebiasaan.
Cara yang paling mudah menngenali kanker adalah dengan menggunakan pemeriksaan sitoslogi leher rahim.

Ada Berbagai cara mendeteksi kanker leher rahim yaitu:

PAP SMEAR
Pap Smear adalah pemeriksaan dengan mengambil contoh sel dalam leher rahim kemudian diteliti, dan dianalisa untuk mengetahui adanya perubahan terhadap sel-sel tersebut, metode ini dapat mendeteksi sel kanker secar dini sehingga adanya bibit sel kanker dapat diatasi segera dengan peluang keberhasilan yang lebih tinggi karena stadium prakanker pun sudah dapt dideteksi adanya perubahan sel kanker.
Inspeksi visual asam asetat (IVA)
IVA yakni Inspeksi Visual Asam Asetat, termasuk cara pemeriksaan kanker leher rahim yang relatif murah, mudah dan sederhana. Cara ini mempunyai akurasi diagnosis yang cukup tinggi. Metode ini dengan menggunakan asam asetat 3-5%  diusapkan pada leher rahim sebelum pemerisaan dalam. Sekitar satu menit setelah pegusapan tadi, jika tidak terjadi perubahan warna atau tidak muncul adanya plak putih, berarti hasil dinyatakan negatif, tetapi jika terjadi plak putih dan warna menjadi merah maka positif adanya prakanker, sehingga perlu dilakukan pemeriksaanlanjutan.

Upaya pemeriksaan agar hasil akurat
  • pemeriksaan sebaiknya diluar mensturasi.
  • jangan menggunakan bahan anti septik sebelum pemeriksaan pada vagina
  • Penderita pascabersalin, pascaoperasi rahim, pascaradiasi sebaiknya datang 6-8 minggu kemudian.
  • Penderita yang mendapatkan pengobatan lokal di daerah vagina sebaiknya di hentikan seminggu sebelum pemeriksaan.


Sobat blog kamila, demikian tadi adalah artikel yang telah kami berikan, saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan anda dan membaca artikel cara deteksi kanker leher rahim. Dan jangan lupa membaca artikel artikel yang lalu atau artikel yang akan datang . Anda dapat membaca artikel serupa artikel ini dengan keyword cara deteksi kanker rahim , deteksi kanker leher rahim , kanker leher rahim .